Sabtu, 11 Agustus 2012

NOKIA SI INOVATOR


Untuk menunjang aktivitasnya, Nokia juga mendirikan outlet-outlet yang beragam meliputi Nokia Priority Dealers (NPD), Nokia Professional Center (NPC), dan Nokia Sales and Care Center (NSCC). Saat ini Nokia telah memiliki 100 Nokia Priority Dealers (NPD), 23 Nokia Professional Center (NPC) di 12 kota dan satu ), Nokia Sales and Care Center (NSCC) di Jakarta. Beragamnya fasilitas yang dimiliki Nokia menyebabkan nokia menjadi merk yang terdepan dan mendapatkan berbagai penghargaan. Hal yang menarik dari Nokia yaitu Nokia membuat produk untuk penetrasi pasar yang mampu  berpenetrasi di pasar karena memenuhi berbagai unsur:  1. Operasionalisasi yang prima (operational excellence), 2. Kepemimpinan produk (product leadership), 3. Keintiman dengan pelanggan (customer intimacy)

3. Inovasi Tak Pernah Henti
Strategi pemasaran Nokia juga hebat. Kemampuan mengidentifikasi dan menciptakan segmen pasar yang amat beragam dibarengi dengan program promosi dan pemasaran yang jitu. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh Nokia. Sehingga dapat dilihat kompetensi yang dimiliki Nokia telah sesuai dan sangat mendukung strategi yang ditetapkan. Dengan kata lain, strategi suatu korporasi harus didukung oleh kompetensi yang dimiliki oleh suatu korporasi agar mendapatkan hasil yang maksimal melalui setiap inovasi baik  berkaitan dengan  produk maupun dengan  pasar.
Menurut penilaian produk Nokia  di pasar, keberhasilannya ditentukan oleh banyak hal.  Dari sisi produk, Nokia memiliki ragam ponsel yang sangat luas untuk berbagai segmen pasar dari low end hingga high end. Produk-produk tersebut sangat handal dengan fitur-fitur paling maju di setiap segmen. Strategi pemasaran Nokia juga hebat. Kemampuan mengidentifikasi dan menciptakan segmen pasar yang amat beragam dibarengi dengan program promosi dan pemasaran yang jitu. Orang-orang Nokia, menurutnya, sangat kompeten sehingga di era desentralisasi dan kompetisi yang amat ketat saat ini, Nokia bisa mengambil keputusan yang tepat dengan cepat. Kecepatan pengambilan keputusan sangat diperlukan dalam bisnis ponsel karena begitu dinamisnya persaingan dan perkembangan di pasar.
Organisasi Nokia di Indonesia terdiri dari Nokia Mobile Phones Indonesia dan Nokia Networks Indonesia. Uniknya, kedua unit ini hanya memiliki seorang manajer HR yang berkantor di Nokia Networks. Hal ini tidak menjadi hambatan dalam pengelolaan SDM Nokia Indonesia karena organisasi yang tidak terlalu besar dan sistem yang mapan. Organisasi Nokia Mobile Phones Indonesia hanya terdiri dari 25 orang, sebagian merupakan jajaran pimpinan (setingkat manajer ke atas). Dengan komposisi personil seperti itu, maka struktur organisasi Nokia Mobilephones Indonesia berbentuk horizontal (flat) dan matriks.
4. Nokia di Pasar Indonesia
Dunia global telah membentuk pola pikir yang cenderung menerima segala perubahan yang terjadi di dunia. Begitu pula dengan adanya perkembangan bisnis yang global yang memacu setiap produsen untuk merubah cara mereka dalam meluaskan network untuk menjaring konsumen. Persaingan yang terus berjalan menyebabkan setiap pelaku bisnis harus tanggap dengan segala kemungkinan yang terjadi pada bisnisnya.Pesatnya perkembangan teknologi telah membuka kesempatan untuk para produsen alat komunikasi untuk merentangkan sayapnya menjaring konsumen.Banyak produsen alat komunikasi yang bermunculan dengan memberikan berbagai fasilitas yang menarik yang mampu membujuk para konsumen. Salah satu produsen itu adalah Nokia. Di Indonesia merk Nokia ini menempati jajaran no 1 untuk pasar telfon tanpa kabel. Walaupun sekarang ini Nokia sedang mennghadapi berbagai tantangan dari lawan mainnya seperti Sonyericcson.
5. Apa saja strategi Nokia?
Pertama, global focus. Nokia cukup paham bahwa ia harus fokus terhadap tantangan yang semakin mengglobal. Dengan demikian, ia tahu apa yang harus dilakukan. Kedua, strategic market-making. Strategi ini untuk untuk mendeteksi dan mendiagnosa setiap detak perubahan dalam peta teknologi selular yang amat dinamis. Inilah yang membuat Nokia terpacu untuk meluncurkan produk dengan sangat variatif. Nokia berkeyakinan pembelilah yang menggaji mereka. Karena itulah Nokia selalu peka terhadap keinginan pasar.
Dua strategi di atas menjadi perfect ketika dipadu dengan strategi ketiga yaitu focus on people. Nokia selalu memperlakukan pengelolaan SDM-nya sebagai isu strategik, dan bukan sekedar pengelola administrasi belaka. Secara berkesinambungan, Nokia selalu berikhtiar untuk membangun respek pada karyawan, membangun iklim dan kultur learning dimana setiap karyawannya didorong untuk saling bertukar informasi dan gagasan-gasasan inovatif. Nokia tidak pernah menganggap karyawan sebagai buruh kasar yang seringkali diperlakukan sewenang-wenang. Justru ditangan merekalah prestise Nokia dipertaruhkan.

Pertanyaan.

1)    Dengan  menggunakan konsep Value of  Chain, jelaskanlah bagaimana masing-masing kegiatan  dapat memberikan nilai tambah kepada Nokia sebagai korporasi.

2)    Sebagaimana dijelaskan di atas,  ada tiga unsur  produk Nokia   yang memampukannya  berpenetrasi di pasar, jelaskan  makna ketiga unsur tersebut.

3)    Dalam hal apakah anda melihat bahwa SDM di  lingkungan  Nokia  mempunyai kompetensi yang handal, dan apakah kompetensi sepertiitu dapa .ditiru atau tidak? Selanjutnya anda  mengenal berbagai slogan  pengembangan  SDM  dalam Nokia ,  jelaskan makna masing-masing  slogan di  atas dalam menopang  keberhasilan  korporasi.

4)    Seperti dijelaskan di atas, adapun perkembangan  Nokia sangat didukung oleh perkembangan  SDM yang antisipatif terhadap kebutuhan pasar.  Jelaskan kompetensi  SDM  staf Nokia.

5)    Untuk Going  GLOBAL,  Nokia  menerapkan  prinsip outsorcing. Jelaskan apa arti outsorcing  dan apa dampak  positif dan negatif outsorcing  bagi satu korporasi.


6)    Peran teknologi demikian penting dalam  menopang setiap perubahan bahakan memposisikan korporasi pada  posisi yang berdaya saing.  Dalamkaitan ini jelaskanlah hal berikut.

a)   Bagaimana peran teknologi dalam  sebagai bagian daripada  hal yang strategis untuk kasus Nokia.
b)   Bagaimana teknologi yang ditawarkan oleh Nokia   dapat memenuhi pasar mulai dari kelas atas (upper clas) hingga bawah  hingga (down class)
 

Catatan.
1)   Ujian open book dan dikerjakan di kelas.
2)   Bacaan di atas disarikan dari berbagai penugasan mahasiswa peserta Manajemen Strategik  sebagaimana pada http://johannessimatupang.wordpress.com, 24 July 2009.
3)   Bagi peserta yang ingin memperbaiki jawabannya dapat mengirimkan  jawaban  individu  mulai hari  Selasa, 28 July – Sabtu 1 Agustus  2009  di alamat http://johannessimatupang.wordpress.com


SUKSES UNTUK ANDA

0 komentar:

I Love INDONESIA

Total Tayangan Halaman

Fairuz's COM

Jika Anda Cinta INDONESIA Klik Like Ia..... :D

blog-indonesia.com
Flag Counter

Sabtu, 11 Agustus 2012

NOKIA SI INOVATOR


Untuk menunjang aktivitasnya, Nokia juga mendirikan outlet-outlet yang beragam meliputi Nokia Priority Dealers (NPD), Nokia Professional Center (NPC), dan Nokia Sales and Care Center (NSCC). Saat ini Nokia telah memiliki 100 Nokia Priority Dealers (NPD), 23 Nokia Professional Center (NPC) di 12 kota dan satu ), Nokia Sales and Care Center (NSCC) di Jakarta. Beragamnya fasilitas yang dimiliki Nokia menyebabkan nokia menjadi merk yang terdepan dan mendapatkan berbagai penghargaan. Hal yang menarik dari Nokia yaitu Nokia membuat produk untuk penetrasi pasar yang mampu  berpenetrasi di pasar karena memenuhi berbagai unsur:  1. Operasionalisasi yang prima (operational excellence), 2. Kepemimpinan produk (product leadership), 3. Keintiman dengan pelanggan (customer intimacy)

3. Inovasi Tak Pernah Henti
Strategi pemasaran Nokia juga hebat. Kemampuan mengidentifikasi dan menciptakan segmen pasar yang amat beragam dibarengi dengan program promosi dan pemasaran yang jitu. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh Nokia. Sehingga dapat dilihat kompetensi yang dimiliki Nokia telah sesuai dan sangat mendukung strategi yang ditetapkan. Dengan kata lain, strategi suatu korporasi harus didukung oleh kompetensi yang dimiliki oleh suatu korporasi agar mendapatkan hasil yang maksimal melalui setiap inovasi baik  berkaitan dengan  produk maupun dengan  pasar.
Menurut penilaian produk Nokia  di pasar, keberhasilannya ditentukan oleh banyak hal.  Dari sisi produk, Nokia memiliki ragam ponsel yang sangat luas untuk berbagai segmen pasar dari low end hingga high end. Produk-produk tersebut sangat handal dengan fitur-fitur paling maju di setiap segmen. Strategi pemasaran Nokia juga hebat. Kemampuan mengidentifikasi dan menciptakan segmen pasar yang amat beragam dibarengi dengan program promosi dan pemasaran yang jitu. Orang-orang Nokia, menurutnya, sangat kompeten sehingga di era desentralisasi dan kompetisi yang amat ketat saat ini, Nokia bisa mengambil keputusan yang tepat dengan cepat. Kecepatan pengambilan keputusan sangat diperlukan dalam bisnis ponsel karena begitu dinamisnya persaingan dan perkembangan di pasar.
Organisasi Nokia di Indonesia terdiri dari Nokia Mobile Phones Indonesia dan Nokia Networks Indonesia. Uniknya, kedua unit ini hanya memiliki seorang manajer HR yang berkantor di Nokia Networks. Hal ini tidak menjadi hambatan dalam pengelolaan SDM Nokia Indonesia karena organisasi yang tidak terlalu besar dan sistem yang mapan. Organisasi Nokia Mobile Phones Indonesia hanya terdiri dari 25 orang, sebagian merupakan jajaran pimpinan (setingkat manajer ke atas). Dengan komposisi personil seperti itu, maka struktur organisasi Nokia Mobilephones Indonesia berbentuk horizontal (flat) dan matriks.
4. Nokia di Pasar Indonesia
Dunia global telah membentuk pola pikir yang cenderung menerima segala perubahan yang terjadi di dunia. Begitu pula dengan adanya perkembangan bisnis yang global yang memacu setiap produsen untuk merubah cara mereka dalam meluaskan network untuk menjaring konsumen. Persaingan yang terus berjalan menyebabkan setiap pelaku bisnis harus tanggap dengan segala kemungkinan yang terjadi pada bisnisnya.Pesatnya perkembangan teknologi telah membuka kesempatan untuk para produsen alat komunikasi untuk merentangkan sayapnya menjaring konsumen.Banyak produsen alat komunikasi yang bermunculan dengan memberikan berbagai fasilitas yang menarik yang mampu membujuk para konsumen. Salah satu produsen itu adalah Nokia. Di Indonesia merk Nokia ini menempati jajaran no 1 untuk pasar telfon tanpa kabel. Walaupun sekarang ini Nokia sedang mennghadapi berbagai tantangan dari lawan mainnya seperti Sonyericcson.
5. Apa saja strategi Nokia?
Pertama, global focus. Nokia cukup paham bahwa ia harus fokus terhadap tantangan yang semakin mengglobal. Dengan demikian, ia tahu apa yang harus dilakukan. Kedua, strategic market-making. Strategi ini untuk untuk mendeteksi dan mendiagnosa setiap detak perubahan dalam peta teknologi selular yang amat dinamis. Inilah yang membuat Nokia terpacu untuk meluncurkan produk dengan sangat variatif. Nokia berkeyakinan pembelilah yang menggaji mereka. Karena itulah Nokia selalu peka terhadap keinginan pasar.
Dua strategi di atas menjadi perfect ketika dipadu dengan strategi ketiga yaitu focus on people. Nokia selalu memperlakukan pengelolaan SDM-nya sebagai isu strategik, dan bukan sekedar pengelola administrasi belaka. Secara berkesinambungan, Nokia selalu berikhtiar untuk membangun respek pada karyawan, membangun iklim dan kultur learning dimana setiap karyawannya didorong untuk saling bertukar informasi dan gagasan-gasasan inovatif. Nokia tidak pernah menganggap karyawan sebagai buruh kasar yang seringkali diperlakukan sewenang-wenang. Justru ditangan merekalah prestise Nokia dipertaruhkan.

Pertanyaan.

1)    Dengan  menggunakan konsep Value of  Chain, jelaskanlah bagaimana masing-masing kegiatan  dapat memberikan nilai tambah kepada Nokia sebagai korporasi.

2)    Sebagaimana dijelaskan di atas,  ada tiga unsur  produk Nokia   yang memampukannya  berpenetrasi di pasar, jelaskan  makna ketiga unsur tersebut.

3)    Dalam hal apakah anda melihat bahwa SDM di  lingkungan  Nokia  mempunyai kompetensi yang handal, dan apakah kompetensi sepertiitu dapa .ditiru atau tidak? Selanjutnya anda  mengenal berbagai slogan  pengembangan  SDM  dalam Nokia ,  jelaskan makna masing-masing  slogan di  atas dalam menopang  keberhasilan  korporasi.

4)    Seperti dijelaskan di atas, adapun perkembangan  Nokia sangat didukung oleh perkembangan  SDM yang antisipatif terhadap kebutuhan pasar.  Jelaskan kompetensi  SDM  staf Nokia.

5)    Untuk Going  GLOBAL,  Nokia  menerapkan  prinsip outsorcing. Jelaskan apa arti outsorcing  dan apa dampak  positif dan negatif outsorcing  bagi satu korporasi.


6)    Peran teknologi demikian penting dalam  menopang setiap perubahan bahakan memposisikan korporasi pada  posisi yang berdaya saing.  Dalamkaitan ini jelaskanlah hal berikut.

a)   Bagaimana peran teknologi dalam  sebagai bagian daripada  hal yang strategis untuk kasus Nokia.
b)   Bagaimana teknologi yang ditawarkan oleh Nokia   dapat memenuhi pasar mulai dari kelas atas (upper clas) hingga bawah  hingga (down class)
 

Catatan.
1)   Ujian open book dan dikerjakan di kelas.
2)   Bacaan di atas disarikan dari berbagai penugasan mahasiswa peserta Manajemen Strategik  sebagaimana pada http://johannessimatupang.wordpress.com, 24 July 2009.
3)   Bagi peserta yang ingin memperbaiki jawabannya dapat mengirimkan  jawaban  individu  mulai hari  Selasa, 28 July – Sabtu 1 Agustus  2009  di alamat http://johannessimatupang.wordpress.com


SUKSES UNTUK ANDA

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com
Microsoft Windows 2000 Professional with SP4 - Indowebster.com Date upload: 1-Sep-2008 Size: 380.81 MB

Entri Populer

 
Template Indonesia | Cintailah Tanah Air Kita Seperti Kita Cinta Dengan Kedua Orang Tua Kita
Aku cinta Indonesia