Kamis, 04 Juli 2013

Di Asia, Kecepatan Internet Indonesia Paling Lambat

 
 
 
 
 
 
 
http://assets.kompas.com/data/photo/2012/04/23/1742065p.jpg
 
Menurut hasil laporan dari Akamai, rata-rata kecepatan Internet di Indonesia paling rendah, jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang ada di Asia Pasifik.

Rata-rata kecepatan Internet di kuartal 2 tahun 2012 ini hanyalah 0,8 Megabit per detik atau setara dengan sekitar 100 Kilobyte per detik.

Walaupun begitu, kecepatan Internet di Indonesia di kuartal ini meningkat 7,2 persen dari kuartal lalu dan meningkat 20 persen dari tahun lalu.

http://farm9.staticflickr.com/8335/8102580290_d58b0cbfca_z.jpg
(gambar: Akamai)
Pemilik kecepatan Internet tertinggi di wilayah Asia-Pasifik adalah Korea Selatan. Di negeri K-Pop tersebut, para pengguna rata-rata menggunakan Internet dengan kecepatan 14,2 Megabit per detik atau setara dengan 1,817 Kilobyte per detik.

Negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura dan Malaysia, memiliki ranking yang lebih baik untuk masalah kecepatan Internet. Rata-rata pengguna di Singapura dan Malaysia dapat mengakses Intenet dengan kecepatan 5,1 Megabit per detik (652 kilobyte per detik) dan 2,2 Megabit per detik (281,6 kilobyte per detik).

Menurut Chairman Mastel, Setyanto P Santosa, koneksi Internet di Indonesia lambat karena Indonesia salah kaprah dalam menetapkan broadband.

"Sekitar 95 persen koneksi internet di Tanah Air masih memakai koneksi wireless, sisanya memakai kabel. Indonesia itu salah kaprah," kata Setyanto.

Menurutnya, teknologi wireless itu didesain untuk low traffic. Namun, di Indonesia, koneksi itu malah digunakan untuk traffic tinggi. Akibatnya, koneksi internet di Indonesia terkesan lambat.

Padahal, kata Setyanto, sebagai negara berkembang, justru koneksi fixed broadband yang harus diperbesar, bukan malah koneksi wireless.

Kamis, 16 Mei 2013

PEMBANGUNAN PABRIK KAPAL SELAM DITARGETKAN 2016/2017








Jakarta  Pembangunan pabrik modern untuk pembuatan kapal selam TNI Angkatan Laut di Indonesia ditargetkan dapat direalisasikan tahun 2016 atau 2017. Sebab, kapal selam pertama yang dibuat oleh Korea Selatan baru selesai tahun 2014.

"Pembangunan pabrik semua tergantung komitmen pemerintah. Pemerintah mutlak menyokong pendanaannya. Tanpa itu saya kira sangat sulit pembangunan kapal selam bisa direalisasikan di Indonesia," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Untung Suropati di sela seminar tentang "Teknologi Perkapalan sebagai Bagian dari Peradaban Maritim Indonesia", di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Rabu.

Ia berharap sudah ada perencanaan dari sekarang agar pada waktunya nanti pengerjaan kapal selam ketiga itu lancar tanpa kendala. "Keberadaan pabrik modern untuk membuat kapal selam menjadi kendala serius kita saat ini," kata Untung.

Pembangunan pabrik modern ini, tambah dia, bukan persoalan sederhana karena selain membutuhkan banyak sumber daya manusia yang andal. Pemerintah pun harus menyiapkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, ia berharap sumber daya manusia yang sudah dikirim ke Korea benar-benar menyerap ilmu secara komprehensif.

"Ketika secara keilmuan sudah memenuhi syarat, baru kemudian pemerintah mempersiapkan pabriknya," katanya.

Indonesia sudah sepakat melakukan transfer teknologi kapal selam dengan Korea Selatan, dimana akan dibuat tiga unit kapal selam. Untuk kapal selam pertama, pihak Indonesia hanya memantau pengerjaannya di Korea Selatan.

Selanjutnya, kata dia, pada pembuatan kapal kedua, teknisi di Indonesia dilibatkan dalam membuat kapal selam. Namun, pembuatannya tetap dilakukan di Korea Selatan.

Sementara untuk kapal selam ketiga, Indonesia akan membuat sendiri kapal itu di galangan kapal PT PAL. "Pada tahap inilah Indonesia harus mempersiapkan peralatannya. Termasuk membuat pabrik baru untuk mendukung pembangunannya," jelas Untung.

Ia juga memastikan Pangkalan Kapal Selam yang disiapkan di Teluk Palu, Sulawesi Tengah, bisa diresmikan pada akhir tahun 2013.

"Hingga kemarin (minggu lalu) saat Kepala Staf Angkatan Laut (Laksamana Marsetio) berkunjung ke sana, pangkalan sudah rampung lebih dari 90 persen. Diharapkan akhir tahun ini diresmikan," katanya menjelaskan.

Pangkalan seluas 13 hektare inilah yang nantinya digunakan untuk menyimpan semua kapal selam yang dimiliki Indonesia, termasuk untuk menyimpan kapal selam baru yang saat ini dibuat di Korea Selatan.

★ PT PAL AKAN BIKIN KAPAL SELAM SENDIRI★


★ PT PAL AKAN BIKIN KAPAL SELAM SENDIRI★





 402 Nanggala (Gombaljaya-FB)
PT PAL Indonesia optimistis lima tahun ke depan mampu merenovasi dan membangun kapal selam sendiri. Tekad itu dibuktikan dengan diikutkannya karyawan PT PAL Indonesia dalamTransfer of Technology (ToT) di Korea Selatan.

Direktur Utama PT PAL Indonesia, Firmansyah Arifin, menyebut saat ini karyawannya tengah mengikuti seleksi internal. "Tahun lalu kami sudah mengikuti ToT di Belanda, dan tahun ini ke Korea," kata Firmansyah.

Sebelumnya PT PAL Indonesia ditunjuk Kementerian Pertahanan membangun kapal militer dengan dua negara tersebut. Kerjasama membangun Kapal Cepat Rudal (KCR) dengan Belanda telah selesai. Kini giliran dengan Korea untuk membangun kapal selam.

Optimisme bisa membangun kapal selam di dalam negeri itu dikuatkan dengan program pemerintah yang mengucurkan anggaran melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) pembangunan kapal. Anggaran US$ 150 juta itu tidak hanya untuk membangun kelengkapan militer, tetapi juga doking untuk kapal militer.

"Selama ini untuk overhoul kapal selam harus dilakukan di Korea, setiap lima tahun sekali dengan biaya yang cukup besar," kata mantan Direktur Utama PT Dok Perkapalan Surabaya itu.

Dia optimistis langkah PT PAL sudah tepat. Usai pegawainya selesai mengikuti ToT di Korea, PT PAL mampu mandiri mendukung langkah strategis pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan kapal, termasuk mencegah perputaran uang ke luar negeri.(umi)

★ MENANTI KAPAL SELAM INDONESIA★




Tak lama lagi, kejayaan Hiu Kencana akan kembali. Cakra dan Nanggala tak lama lagi akan mendapat teman, seiring dengan makin nyatanya rencana kerjasama PT PAL dengan galangan DSME Korea Selatan berdasar skema JOA (Joint Operations Agreement).

Projek kapal selam Indonesia

Berdasarkan kunjungan Wamenhan ke PT PAL pada 28 Desember 2012 lalu, sudah mulai ada sedikit sinar terang mengenai perkembangan proyek kapal selam Type-209 DWT 1.400 ton untuk TNI-AL. Dari kontrak awal sebanyak 3 kapal selam, dirinci bahwa kapal selam I dan II akan dibangun di galangan DSME, sementara untuk kapal selam ketiga modulnya akan dibangun oleh DSME, sementara final joint (penyambungan antar modul / segmen) akan diselesaikan oleh PT PAL.

Menanti Kejayaan Kembali Armada Hiu Kencana RI

Mengingat krusialnya proses tersebut, maka proses ToT (Transfer of Technology) menjadi sangat penting. Apalagi PT PAL belum pernah melakukan rekayasa rancang bangun kapal selam sebelumnya. ARC sebelumnya memberitakan bahwa PT PAL telah menyiapkan sejumlah tenaga kerja yang akan melakukan OJT (On Job Training) ke DSME. Tak tanggung-tanggung, 416 orang teknisi PT PAL akan dikirim untuk melakukan observasi dan belajar pada saat kapal selam I dan II dibangun di DSME, lebih banyak dari jumlah 186 yang diberitakan sebelumnya.
Menanti Kejayaan Kembali Armada Hiu Kencana RI

Bagi yang sedang mencari lowongan pekerjaan dan memiliki kualifikasi teknik khususnya desain dan produksi, ada kabar gembira. PT PAL masih membutuhkan 254 orang tenaga kerja baru untuk engineering, technician / foreman, dan worker.

Untuk menyiapkan sejumlah orang dan fasilitas produksi yang diperlukan untuk memproduksi kapal ketiga ini dibutuhkan anggaran sebesar US$ 215,2 Juta, yang terbagi USD 29,8 juta untuk manpower, USD 149,9 juta untuk fasilitas dan perlengkapan produksi yang meliputi 11 workshop, 8 instalasi, perlengkapan produksi dan ujicoba.
Menanti Kejayaan Kembali Armada Hiu Kencana RI

Lebih jauh lagi, PT. PAL juga sudah menyiapkan lokasi tempat pembangunan  kapal selam III. Lokasi yang disiapkan itu berada di Sektor B Galangan PT. PAL.

Apabila semua pihak berkomitmen untuk mendukung proses ini, PT PAL sejak jauh hari sudah menyatakan sanggup untuk menyiapkan segala aspek teknis dalam rangka pembangunan kapal selam ketiga. Komitmen tersebut dibutuhkan untuk menjaga agar kapal selam U-209 DWT 1.400 ton ini dikerjakan sesuai dengan jadwal, yaitu kapal I selesai pada 2016, kapal II pada pertengahan 2017, dan kapal III pada pertengahan 2018. Mari sama-sama kita doakan bersama agar kejayaan Hiu Kencana bisa kembali.

PRESIDEN: RI MENAPAKI BABAK BARU SEBAGAI RAKSASA EKONOMI

PRESIDEN: RI MENAPAKI BABAK BARU SEBAGAI RAKSASA EKONOMI




http://www.beritasatu.com/media/images//medium/21092012150811.jpg

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan Indonesia mulai menapaki babak  baru sebagai raksasa ekonomi dunia, yang muncul dari Asia bersama Tiongkok dan India.

Sebagai negara berpenduduk nomor empat terbesar di dunia, ekonomi Indonesia terus tumbuh dan mengalami transformasi ke arah yang lebih baik.

"Transformasi yang terjadi di Indonesia sangat adaptif, baik dari segi politik, ekonomi dan situasi apapun," kata Presiden saat memberikan Presidential Address pada Indonesia Investment Day di Bursa Efek New York (New York Stock  Exchange) di New York, Amerika Serikat, Senin (24/9).

IID bertema Indonesia Rise as Asia's New Economic Power House: Transformation, Opportunities, and Partnership for All.

Hadir pada kesempatan itu,  Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra  Agung Laksono, Mendag Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, Menkeu Agus  Martowardojo, Mensesneg Sudi Silalahi, Gubernur Bank Indonesia Darmin  Nasution, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri.

Wartawan Investor Daily Novy Lumanauw melaporkan dari New York, Amerika Serikat, di hadapan sekitar 200 pengusaha AS, Presiden mengatakan dengan Gross Domestic Product (GDP) yang mencapai US$ 1 triliun pada tahun ini, Indonesia tumbuh menjadi kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan mencapai 6,3% pada semester pertama 2012.

"Ekonomi Indonesia telah teruji. Ketika  dunia dilanda krisis, ekonomi Indonesia tumbuh signifikan dan terjaga," ujar Presiden Yudhoyono.

Di sisi lain, lanjutnya, core inflation tetap terkelola dengan baik yaitu pada 4,28% dan sistem perbankan tetap stabil.

"Indonesia adalah negara yang unik. Demokrasinya pun gaduh (noisy)," kata Presiden.

 Undang investor

Pada kesempatan itu, Presiden secara khusus mengundang pengusaha Amerika  Serikat untuk berpartisipasi aktif dalam proyek pembangunan yang kini  digencarkan pemerintah.

Ia mengatakan, melalui program Masterplan  Percepatan Peningkatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)  menawarkan berbagai proyek yang tersebar di enam koridor ekonomi.

"Saya mengajak Anda sekalian berinvestasi di Indonesia. Kami menyediakan berbagai proyek pembangunan dan investasi," katanya.

Presiden mengaku, sebagai negara yang berhasil lolos dari badai krisis pada tahun 2008-2009, Indonesia bertekad menjadi surga bagi investor dan  menjadikannya sebagai top 10 ekonomi dunia.

"Memang masih banyak kendala. Minimnya infrastruktur dan korupsi menjadi faktor penghalang. Tapi, kita terus mereformasi birokrasi. Syukurlah, reformasi birokrasi sudah on track," kata Presiden.

Namun, ia berjanji pemerintah akan menjadikan MP3EI sebagai blueprint yang dapat digunakan investor untuk berusaha di Indonesia.

"Saya mau pastikan, blueprint ini tidak jangka pendek dan partisan," kata Presiden.

Sebelum menghadiri IID, Presiden bertemu 12 pengusaha terkemuka AS untuk  membicarakan tentang langkah-langkah meningkatkan investasi di Indonesia.

Pertemuan yang dikemas dalam bentuk Executive Roundtable Breakfast digelar di Gedung Bursa Efek New York, Amerika Serikat, pada Senin (24/9).

Para pengusaha  yang bertemu Kepala Negara adalah Chairman and CEO of the Coca-Cola Company Muhtar Kent, CEO and Chairman of Celanes Mark C. Rohr, Chairman of the Board, President and  CEO Procter & Gamble Robert A McDonald, President and CEO for Performance Materials and Technology Honeywell Andreas Kramvis dan President, Chairman and CEO the Dow Chemical Company Andrew N Liveris.

Selanjutnya, Chairman, President and Chief Executive Officer ACE Group Evan G  Greenberg,  President Goldman Sachs Inc Gary D Cohn,  Chairman of the  Board and CEO of Cargill Gregory R Page, Executive Vice President of Worldwide Operations Mattel Inc Tomas A Debrowski, Vice Chairman and  Chief Financial Officer General Electric Keith S Sherin, Vice President  International Government Relations The Boeing Company Stanley Roth, dan  Executive Vice President The Hershey Company Bert Alfonso.

KERJASAMA PERTAHANAN, MULAI DARI KAPAL SELAM HINGGA RUDAL







Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) memastikan kerjasama alutsista dengan sejumlah negara terus berlanjut, termasuk dengan Korea Selatan, China serta Turki. Dalam jumpa pers di gedung Kemhan Rabu (15/05) siang, KKIP menjelaskan panjang lebar sejumlah kerjasama yang tengah dan akan berlangsung. 

Baru-baru ini terjadi polemik tentang pengadaan Kapal Selam dari Korea Selatan. Untuk menjawabnya Kementrian Pertahanan menyatakan, akan mengamandemen kontrak dengan pihak DSME Korea Selatan. Salah satu amandemen adalah jika sebelumnya kapal selam ke-3 dirakit di PT. PAL, maka pada perubahan ini kapal selam tersebut sepenuhnya dibuat total di Surabaya. Sehingga mulai dari modul, bagian-perbagian hingga perakitan sepenuhnya dilakukan PT. PAL.

Lebih lanjut, ARC juga mendapat penjelasan, Kementrian BUMN sudah mengajukan dana sebesar US$ 150 Juta untuk menambah fasilitas di PT. PAL. Pasalnya fasilitas produksi yang ada tidak dirancang untuk membangun kapal selam, tetapi kapal permukaan saja. DSME sendiri dikabarkan setuju dengan amandemen kontrak, dengan syarat Kementrian Pertahanan menjamin PT. PAL mampu melaksanakannya.

Khusus dengan Turki, Kementrian Pertahanan baru saja memastikan akan melakukan kerjasama pembuatan Tank. Selain Tank, masih ada kerjasama lainnya. Yaitu antara PT. LEN dan Aselsan. Sesuai bidangnya, kerjasama dengan Aselsan adalah pada pengadaan alat komunikasi untuk di perbatasan. Prosesnya sendiri sudah dimulai dan sudah masuk tahapan kontrak. Namun tidak dijelaskan alat komunikasi yang dimaksud, yang pasti alat komunikasi yang dibutuhkan adalah yang canggih sehingga anti jamming dan tak bisa diintersept.

Sementara dengan China, Kementrian Pertahanan juga terus melanjutkan kerjasama pembuatan rudal C-705. Saat ini prosesnya sudah masuk tahap feasiblity studies yang dilakukan oleh Kementrian Ristek. Dalam catatan ARC, rudal C-705 ini nantinya akan mempersenjatai kapal perang cepat jenis KCR-40 dan KCR-60 yang jumlah diperkirakan cukup banyak.

Sabtu, 11 Mei 2013

★ [FOTO] KERETA API BUATAN INDONESIA






PT INKA persero merupakan salah satu badan usaha milik negara yang memproduksi Kereta Api Indonesia sejak tahun 1981.  Proses dan kegiatan produksi  Kereta Api baik untuk kebutuhan dalam dan luar negeri pun terus dilakukan disini, Selasa (7/5/2013).

GB
Sejak awal, PT INKA memang dikenal sebagai produsen lokomotif bertenaga uap di tahun 1981, kini seiring perkembangan jaman semua itu berubah menjadi lebih modern.

GB
Salah satu gerbong terbaru untuk kereta ekonomi AC yang sudah mulai di operasikan juga berasal dari sini.

GB
PT INKA juga memproduksi lokomotif diesel.

GB
Sedikitnya seluruh Kereta Rel Diesel di seluruh Indonesia keluaran PT INKA persero.

GB
Yang terbaru adalah monorail kontainer yang akan digunakan untuk mengangkut barang di Pelabuhan Tanjung Perak ini dikelola oleh Pelindo III.

GB
Yang menghebohkan, ternyata PT INKA juga mampu memproduksi monorel yang sangat dibutuhkan untuk moda taranportasi masal di kota-kota besar.

[FOTO] PERAWATAN MESIN LOKOMOTIF




Petugas sedang melakukan perawatan lokomotif di Depo Induk Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (10/05). PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perawatan rutin untuk mengoptimalkan fungsi mesin lokomotif saat digunakan sebagai angkutan arus mudik dan balik Lebaran.(ziz)

Petugas sedang melakukan perawatan lokomotif di Depo Induk Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (10/05)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perawatan rutin untuk mengoptimalkan fungsi mesin lokomotif saat digunakan sebagai angkutan arus mudik dan balik Lebaran.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perawatan rutin untuk mengoptimalkan fungsi mesin lokomotif saat digunakan sebagai angkutan arus mudik dan balik Lebaran.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perawatan rutin untuk mengoptimalkan fungsi mesin lokomotif saat digunakan sebagai angkutan arus mudik dan balik Lebaran.

Selasa, 07 Mei 2013

BUDI DAYA PISANG


BUDI DAYA PISANG




A. Syarat Tumbuhan
Tanaman pisang dapat tumbuh subur di daerah yang mempunyai ketinggian tidak lebih dari 1000 meter diatas permukaan air laut. Tanah yang cocok adalah tanah kaya humus. Tetapi jika terpaksa dapat juga ditanam ditanah kapur. Sedangkan iklim yang paling cocok adalah iklim tropis. Tanaman pisang banyak memerlukan sinar matahari, namun tanaman pisang juga tidak tahan kekeringan. Sebaliknya, juga tidak tahan air yang berlebihan.

B. Mempersiapkan Lahan
Sabaiknya, tanaman lama dibongkar menyeluruh sampai pada bonggolnya. Setelah pembongkaran seleai kita baru mulai mempersiapkan lahannya. Buatlah lubang dengan ukuran 60x60x60 cm. maksudnya, lebar lubang 60 cm, panjang lubang 60 cm, dan kedalamannya pun 60 cm. jika bibit pisang akan ditanam di kebun khusus, jarak lubang satu dan lubang lain berkisar antara 4 sampai 6 meter.atau dapat disesuaikan dengan jenis pisangnya. Bagi pisang bertajuk besar berjarak 6x6 m2 , pisang bertajuk sedang berjarak 5x5 m2 , dan pisang bertajuk sempit 4x4 m2 . apibila akan ditanam dikebun pekarangan, sebaiknya pisang ditanam berderet dengan jarak sekitar 3 meter saja. 

C. Pemilihan Bibit
Untuk mendapat tanaman pisang yang sehat serta buahnya besar-besar, kita perlu mempersiapkan bibit secara cermat. Cirri-ciri bibit yang baik adalah tinggi anaknya sekitar satu sanpai satu setengah meter, berumur empat sampai enam bulan, diambil dari pohon yang telah atau sedang berbuah, daunnya tidak terlalu lebar, dan tidak terserang penyakit. Anakan yang tingginya kurang dari satu meter pun dapat dipergunakan sebagai bibit, tetapi mempunyai kelemahan, yakni terlalu lama berbuah. 
Apakah bibit pisang yang dapat ditanam itu hanya berupa anakan saja?
Pertama, kita mengambil bonggol tanaman pisang dewasa, berumur sekitar 7 bulan tetapi belum berbuah. Pengambilan harus berhati-hati agar bonggol tidak sampai rusak. Kedua, batang pisang tersebut kita potong kira-kira 10 cm diatas pangkal bonggolnya. Ketiga, tanah yang menempel pada bonggol dan akarnya dibersihkan secara hati-hati supaya tidak merusak tunas. Keempat, pastikan bahwa bonggol yang akan dijadikan sebagai bibit itu benar-benar sehat. Caranya, potonglah bagian bawah bonggol, lalu ambil bekasnya. Jika bekas potongan berwarna putih berarti, bonggol dalam keadaan sehat, tetapi jika bekas potongan berwarna merah, berarti bonggol itu terserang penyakit. Setelah mendapat kepastian bonggolnya sehat, kemidian bonggol direbus dalam air panas bertemperatur 250C- 500C selama 10 sampai 15 menit.

D. Penanaman
Sebulan sebelum penanaman, dasar lubang kita timbun menggunakan tanah galian. Tanah galian lapisan bawah dimasikkan terlebih dahulu, kemudian tanah lapisan atas dicampur dengan pupuk kandang sebanyak 8-10 kg untuk setiap lubang berukuran 60x60x60 cm3 .Langkah penanamannya adalah sebagai berikut :
1. Lubang tanam yang telah ditimbun kembali dengan tanah dicampur pupuk itu dikuak menggunakan cangkul dengan kedalaman sekitar 25 cm atau disesuaikan besar kecilnya bonggil bibit yang ditanam.
2. Bibit pisang dimasukkan kedalam kuakan tersebut. Perhatikan kedalaman kuakan. Diusahakan agar bonggolnya tertanam penuh, kira-kira 5 cm dibawah permukaan tanah.
3. Jika tanahnya terlalu kering, siramlah dengan iar secukupnya. 
4. Usahakan bibit dalam keadaan tegak, kemudian tanah disekitar bibit dipadatkan dengan jalan diinjak-injak.
Penanamannya dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama, seluruh bonggol ditanam dsalam lubang yang telah dicampur pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Setelah sekitar lima bulan, anakan yang tidak diperlukan segera diambil dingan hati-hatimenggunakan cangkul atau linggis agar tidak merusak bibit yang akan dipertahankan hidup. Cara kedua, yaitu dengan memotong-motong bonggol calon bibit. Potontan-potongan lalu disemaikan seperti tanah diuraikan pada cara pembibitan.

E. Pemupukan 
Pupuk kandang yang baik adalah pupuk yang telah jadi, yaitu berasal dari kotoran hewan dan sisa-sisa makanannya yang telah bnerubah bentuk menyerupai tanah, berwarna coklat kehitam-hitaman. Pembandingan antara tanah dan pupuk kandang yang akan digunakan untuk menutup lubang lubang utu bagaimana, pak?
Pupuk kandang yang diperlukan untuk menutup sebuah lubang tanam kira-kira sepertiga atau separo dari tanah penutupnya. Jika diukur dengan satuan berat, setiap lubang berukuran 60x60x60 dibutuhkan pupuk kandang 8-10 kg. apabila lubang tanam berukuran 80x80x50 cm dibutuhkan pupuk kandang sebanyak 13-15 kg setiap lubangnya.
Pupuk buatan atau pupuk pabrik yang dapat digunakan berupa 1000 gram (1 kilogram) ZA untuk setiap pohon pertahun. TSP seberat 450 gram setiap pohon pertahun dan 500 gram KCL untuk setiap pohon pertahun. Ketiga pupuk itu dicampur dan diberikan empat kali setahun. Pemberian pertama dilakukan satu bulan setelah bibit ditanam dengan ukuran ¼ bagian dari jmlah keseluruhan atau seberat 488 gram. Tiga bulan berikutnya dilakukan pemupukan kedua dengan ukuran ¼ bagian, dan diulangi lagi setiap tiga bulan, masing-masing dengan ukuran sama. Pemberian pupuk kandang itu dilakukan setiap tiga bulan.

F. Merawat Tanaman Pisang
Cara mempersiapkan lahan sampai npenenaman sudah kami ketahiu. Sekarang mohon dijelaskan sekaligus cara pemeliharaannya. Tanaman pisang tergolong tanaman yang tidak manja. Artinya, tidak memerlukan perawatan khusus. Setiap induk pohon pisang, sebelum buahnya masak biasnya sudah mempunyai beberapa anakan. Kira-kira dua bulan setelah anakan pertama muncul, kemudian disusul anakan kedua, disusul lagi anakan ketiga, dan seterusnya sampai anakan-anakan itu berjejal.
Apabila rumpun pisang susah berumur lima tahun, sebaiknya diremajakan kembali dengan jalan membongkar rumpun. Kemudian membuat lubang baru dan menanam ulang menggunakan bibit terpilih yang sehat dari rumpun lama. 
Mengapa batang pisang perlu dibersihkan?. Pelepah pisang dibagian bawah lama-lama akan menguning lalu kering. Agar tampak bersih dan tidak mengganggu anakan dibawahnya, daun-daun yang mongering itu perlu segera disingkirkan. Apabila bunga (jantung pisang) terserang ulat, tetapi tidak disemprot menggunakan insektisida, akibatnya kulit pisang itu nanti tidak mulus (berbintik-bintik hitam). Berikutnya jika jantung pisang dibawah buah terakhir tidak dipotong, akibatnya akan menghambat pertumbuhan buah. 

F. Hama dan Penyakit Pohon Pisang
Jinis hama dan penyakit yang sering menyerang pohon pisang, antara lain sebagai berikut :
1. Hama npisang
a. Ulat Daun (Erionota Thrax)
b. Uret dari Jenis Kumbang (Cosmopolites Sordidus)
2. Penyakit TAnaman Pisang
a. Penyakit Bintik Daun
b. Penyakit Cendawan oleh Cendawan Jenis Fusarium
c. Penyakit Layu
d. Penyakit Darah

G. Memanen Pisang
Dari segi umur, ada beberapa jenis pisang, buahnya dapat dipetik sekitar 10 sampai 11 bulan setelah ditanam menggunakan anakan berumur sekitar enam bulan. Tetapi ada juga jenis-jenis pisang, seperti ambon, baru dapat dipetik buahnya antara 13 sampai 14 bulan sesudah anakan yang berumur enam bulan ditanam. 
Apabila pisang ditanam dengan bonggol sebagai bibitnya, pada pisang jenis-jenis tertentu, seperti pisang raja, dan pisang susu, baru dapat dipetik buhanya setelah berumur 16 sampai 17 bulan. Untuk pisang ambon yang ditanam bonggolnya baru dapat dipetik buahnya setelah berumur sekitar 18 sampai 19 bulan. Untuk mempercepat menguningnya buah dapat dipergunakan pengomposan dan peragian. Pengomposan dan peragian mengakibatkan pisang tidak tahan lama disimpan. Rasa dan aromanya sedikit berbeda disbanding pisang yang masak secara alami.

Senin, 06 Mei 2013

Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013

Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013



UN1X PROJECT | Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013 | Pada tahun 2013 ini menurut Global Fire Power kekuatan militer indonesia naik menjadi peringkat 13 dunia, dimana sebelumnya pada tahun 2012 hanya peringkat 18 dunia. Indonesia Berhasil Melewati Negara Besar seperti Jepang, Iran, dan Israel. Penilain yang dilakukan oleh Global Fire Power didasarkan beberapa Faktor seperti Jumlah PersonnelWeapon Systems, Naval Power, Logistical dan, Resources (Oil Production, Oil Consumption,Oil Proven Reserves).
Berikut adalah daftar peringkat 30 besar kekuatan militer negara-nagara di dunia.


daftar kekuatan militer indonesia dan dunia tahun 2013 - http://munsypedia.blogspot.com/


Sedangkan untuk wilayah asia pasifik, Indonesia menempati urutan ke 7, dan peringkat 3 besar masih di dominasi negara Rusia, China, Dan India. Pada wilayah ASEAN Indonesia masih Mendominasi menjadi Negara terkuat diikuti oleh thailand, Vietnam, Fhilipina dan Malaysia.
Berikut adalah daftar peringkat 18 kekuatan Militer Di Wilayah Asia Pasifik

 
daftar kekuatan militer asia tahun 2013 - http://munsypedia.blogspot.com/

Update >>http://munsypedia.blogspot.com/2013/01/kekuatan-militer-indonesia-peringkat-15-dunia-tahun-2013-terbaru.html
 
Description: Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013 Rating: 4.5 Reviewer: Munsy Afandi - ItemReviewed: Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013
Kamu sedang membaca info tentang Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013 Silahkan baca info di UN1X PROJECT Tentang  Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013 Sebagai sumbernya


Sumber : http://munsypedia.blogspot.com/2013/01/kekuatan-militer-indonesia-peringkat-13-dunia-tahun-2013.html#ixzz2SWZyQBPb

I Love INDONESIA

Total Tayangan Halaman

Fairuz's COM

Jika Anda Cinta INDONESIA Klik Like Ia..... :D

blog-indonesia.com
Flag Counter

Kamis, 04 Juli 2013

Di Asia, Kecepatan Internet Indonesia Paling Lambat
    Di Asia, Kecepatan Internet Indonesia Paling Lambat               Menurut hasil laporan dari Akamai, ra...

Kamis, 16 Mei 2013

PEMBANGUNAN PABRIK KAPAL SELAM DITARGETKAN 2016/2017
PEMBANGUNAN PABRIK KAPAL SELAM DITARGETKAN 2016/2017 Jakarta  •  Pembangunan pabrik modern untuk pembuatan kapal selam ...
★ PT PAL AKAN BIKIN KAPAL SELAM SENDIRI★
★ PT PAL AKAN BIKIN KAPAL SELAM SENDIRI★   402 Nanggala  (Gombaljaya-FB) PT PAL Indonesia optimistis lima tahun ke depan...
★ MENANTI KAPAL SELAM INDONESIA★
★ MENANTI KAPAL SELAM INDONESIA ★  Tak lama lagi, kejayaan Hiu Kencana akan kembali. Cakra dan Nanggala tak lama lagi akan menda...
PRESIDEN: RI MENAPAKI BABAK BARU SEBAGAI RAKSASA EKONOMI
PRESIDEN: RI MENAPAKI BABAK BARU SEBAGAI RAKSASA EKONOMI Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan Indonesia mulai mena...
KERJASAMA PERTAHANAN, MULAI DARI KAPAL SELAM HINGGA RUDAL
KERJASAMA PERTAHANAN, MULAI DARI KAPAL SELAM HINGGA RUDAL Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) memastikan kerjasama...

Sabtu, 11 Mei 2013

★ [FOTO] KERETA API BUATAN INDONESIA
★ [FOTO] KERETA API BUATAN INDONESIA PT INKA persero merupakan salah satu badan usaha milik negara yang memproduksi Kereta...
[FOTO] PERAWATAN MESIN LOKOMOTIF
[FOTO] PERAWATAN MESIN LOKOMOTIF Petugas sedang melakukan perawatan lokomotif di Depo Induk Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (1...

Selasa, 07 Mei 2013

BUDI DAYA PISANG
BUDI DAYA PISANG A. Syarat Tumbuhan Tanaman pisang dapat tumbuh subur di daerah yang mempunyai ketinggian tidak lebih dari 1000 me...

Senin, 06 Mei 2013

Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013
Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013 UN1X PROJECT  | Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013 ...

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com
Microsoft Windows 2000 Professional with SP4 - Indowebster.com Date upload: 1-Sep-2008 Size: 380.81 MB

Entri Populer

 
Template Indonesia | Cintailah Tanah Air Kita Seperti Kita Cinta Dengan Kedua Orang Tua Kita
Aku cinta Indonesia